6 Tips Membersihkan Kompor Gas di Dapur, Bebas Minyak dan Kotoran!

Sobat Zeppelin kompor gas menjadi alat utama yang sering digunakan di dapur. Semakin lama, kotoran, minyak, hingga sisa makanan bisa menumpuk di kompor gas. Kondisi ini jika dibiarkan akan membuat dapur kotor dan menimbulkan bau tak sedap. Kali ini Zeppelin akan memberikan tips membersihkan kompor gas di dapur agar terbebas dari minyak dan kotoran!

Idealnya, bersihkan kompor gas minimal satu bulan sekali jika sering digunakan untuk menjaga kondisi kompor tetap prima. Nah, ketahui tips membersihkan kompor gas di dapur yang tepat. Simak ulasan selengkapnya seperti dilansir dari laman My Domaine, Selasa (31/8/2021).

 

Bahan dan Alat Membersihkan Kompor :

  • Sabun cuci piring
  • Cuka
  • Lap pembersih atau handuk kertas
  • Sikat pembersih atau sikat gigi bekas
  • Silet atau alat pengikis plastik (opsional)
  • Baking soda (opsional)

 

Tips Membersihkan Kompor Gas

 

Ikuti langkah dan tips membersihkan kompor gas agar tidak menimbulkan bau berikut ini.

  1. Tungku dilepas dari Kompor

Terlebih dahulu kompor gas dipastikan mati dan keadaan dingin. Kemudian lepaskan tungku di atas kompor untuk memudahkan pembersihan secara maksimal.

  1. Kotoran di Kompor Bersihkan

Sisa-sisa serpihan remah-remah atau makanan yang terbakar, dapat tertinggal dan menumpuk di kompor. Pertama, sebelum melakukan pembersihan mendalam, singkirkan puing remahan atau makanan dari kompor gas. Kamu bisa menggunakan lap piring atau handuk kertas untuk menyingkirkan sisa kotoran yang menumpuk dan buang.

  1. Merendam Tungku Kompor

Lakukan perendaman pada tungku kompor di dalam mangkuk atau wadah berisi air panas dan sabun cuci piring. Rendam dan diamkan selama 30 menit. Dalam kurun waktu ini, minyak yang menumpuk dan tertinggal di tungku akan dipecah oleh sabun cuci piring,

Keringkan tungku kompor memakai lap pembersih atau handuk kertas atau spons. Siapkan pasta yang dibuat dari campuran air dan baking soda untuk menghilangkan noda minyak yang masih tersisa.

Caranya dengan mengoleskan pasta di atas permukaan tungku dan gosok perlahan memakai sikat gigi bekas hingga minyaknya hilang. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan.

  1. Membersihkan Kompor
    Saatnya membersihkan kompor pada bagian seluruhnya. Buat campuran sabun cuci piring dan air hangat sebagai cairan pembersih. Lakukan pembersihan kompor dengan menggunakan spons, handuk kertas atau lap pembersih.

Semprotan penghilang lemak juga bisa kamu pakai untuk mengelap kompor secara sempurna, lalu seka dengan lap pembersih atau handuk kertas. Ulangi langkah pembersihan kompor ini hingga bersih dengan menggosok lembut area berminyak paling persisten.

  1. Hapus Lemak Persisten Secara Perlahan
    Jika sisa lemak masih menempel di kompor meski telah dilap berulang kali, gunakan sikat pembersih atau sikat gigi bekas. Gosok area lemak yang persisten di kompor secara lembut dengan campuran cairan pembersih.

Amati dahulu jika sikat menggores cat kompor, bisa diganti menggunakan lap atau spon pembersih. Jika minyak masih membandel, bisa pakai alat pengikis plastik atau silet. Lakukan secara lembut dan perlahan agar cat kompor tidak tergores. Lakukan pembersihan sekali lagi jika sudah menggosok dan mengikis minyak dan lemak.

  1. Kompor Dipasang Kembali
    Setelah seluruh bagian kompor terbebas dari minyak dan kotoran, pasang kembali kompor seperti semula.

Itulah ulasan tentang bahan yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan tips membersihkan kompor gas di dapur agar tidak berbau.

No Comments

Post a Comment

Need Help? Chat with us