Pentingnya Memilih Alat Dapur Tepat Berstandard Food Grade Dalam Memasak

Alat masak yang Sobat Zeppelin gunakan mempunyai peran yang penting dalam menentukan seberapa sehat makanan yang dikonsumsi oleh keluarga. Ada begitu banyak jenis alat masak yang dijual di pasaran, dan bisa dengan mudah kita temukan di toko-toko hingga di pinggir jalan, yang dirancang dengan beragam pilihan, fungsi, dan material tertentu sebagai bahan dasarnya. Dari banyaknya pilihan, mungkin membuat Sobat Zeppelin bingung, mana yang harus dipilih? dan alat masak seperti apa sih yang aman dan menyehatkan untuk masakan kamu? Apalagi jika kamu adalah seorang pelaku bisnis kuliner, pastinya kamu harus menggunakan alat masak yang tepat untuk digunakan. Disini, kamu tidak bisa asal dalam memilih hanya karena desainnya yang menarik, atau tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Namun kamu juga perlu memperhatikan apakah alat masak yang kamu gunakan sudah memiliki kualifikasi food grade atau tidak.

Alangkah lebih baiknya jika alat yang kamu gunakan terbuat dari material yang aman dan tidak memengaruhi cita rasa bahkan kualitas makanan yang kamu olah. Dan bersifat sebagai konduktor panas yang baik sehingga makanan bisa matang secara sempurna. Dan yang terpenting, pilihlah alat masak yang mudah untuk dibersihkan, supaya makanan yang kamu olah tetap aman saat dikonsumsi. Nah berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih bahan dasar yang aman untuk Sobat Zeppelin gunakan!

1. Stainless

Pada umumnya alat masak yang aman bagi kesehatan terbuat dari stainless dengan kualitas tinggi. Stainless steel adalah salah satu material alat masak yang masuk dalam kategori food grade. Selain aman untuk kesehatan, sifat materialnya yang berkilau membuat stainless steel terkesan sangat mewah.

2. Silikon

Silicon merupakan alat masak yang cukup populer di Indonesia. Silicon sudah masuk ke dalam standar food grade lho! Dirancang dengan berbagai varian warna yang menarik, anti lengket, tahan noda dan juga temperature suhu yang ekstrim! Alat ini sudah lulus uji coba dan dinyatakan aman untuk kesehatan, karena tidak bereaksi dengan makanan yang di olah, dan tidak menimbulkan zat yang berbahaya.

3. Aluminium Anodized

Alat dapur dari bahan ini memiliki sifat yang jauh berbeda dengan aluminium biasa. Aluminium sudah di anodasi sehingga tidak membuat elemen menempel pada makanan sehingga tetap aman digunakan. Hal ini menyebabkan makanan bebas dari kontaminasi logam sehingga nutrisi tubuh tetap terjaga.

4. Anti Lengket

Alat masak anti lengket sangat booming di pasaran sampai saat ini. karena tampilannya yang cantik dan kelebihannya yang sangat banyak dicari oleh para ibu-ibu rumah tangga. Alat masak seperti wajan atau penggorengan, telah dilapisi dengan bahan yang disebut polytetrafluoroethylene (PTFE), yang umumnya dikenal sebagai Teflon. Namun Sobat Zeppelin perlu memperhatikan lebih detail bahan apa saja yang terkandung di dalam alat masak tersebut. Karena tidaj semua alat masak dengan keterangan anti lengket berkualitas baik. Nah, kamu bisa membeli alat masak yang kualitas tinggi, pada umumnya dilapisi oleh besi cor atau baja, seperti penjelasan Zeppelin berikut ini.

5. Baja

Baja memiliki sifat menghantarkan panas. Baja bisa dilapisi dengan porselen enamel sehingga melambatkan suhu panas menjadi sangat baik. Namun lapisan ini cukup berat dan mudah retak lho Sobat Zeppelin. Jadi pastikan kamu tidak menggunakan sendok besi agar lapisannya tetap terjaga dengan baik ya! Sebagai alternatif kamu bisa menggunakan spatula berbahan kayu atau silicon saat memasak.Nah, bagaimana Sobat Zeppelin, kamu pastinya sudah lebih pahan dan harus mulai lebih selektif dalam memilih alat masak yang aman untuk digunakan. Yuk, beralih ke alat masak berstandar food grade seperti produk-produk dari Zeppelin, untuk kualitas hidup lebih sehat.

No Comments

Post a Comment

Need Help? Chat with us