Peralatan Bakery Penting untuk Memulai Usaha Roti

Dapat dikatakan bisnis bakery atau roti merupakan salah satu bisnis di sektor kuliner yang dapat memberikan banyak keuntungan dan memiliki potensi yang besar.

Maka tak heran jika saat ini banyak bisnis roti yang bermunculan, nah untuk memanfaatkan perubahan pola konsumsi yang terjadi dan mungkin kamu salah satu yang bisa memanfaatkan momen ini.

Jika iya maka keputusanmu tepat, namun sebelum memulai bisnis roti ini tentu ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan dan salah satunya adalah peralatan untuk membuat bakery.

Selain keputusanmu tepat kamu juga saat ini berada di tempat yang tepat karena pada artikel kali ini kita akan membahas peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk merintis usaha bakery.

Dalam hal ini peralatan yang akan dibahas merupakan peralatan yang paling optimal yang biasanya digunakan dalam skala usaha besar .

Namun bagi kamu yang ingin memulainya dengan skala kecil kamu tidak perlu khawatir karena kamu dapat memilahnya berdasarkan kebutuhan dan kemampuan modal.

Berikut adalah beberapa alat penunjang bisnis bakery yang perlu kamu ketahui.

Berbagai Peralatan Bakery yang Penitng untuk Dimiliki

1. Mixer

Mixer merupakan salah satu peralatan wajib untuk mengolah bahan-bahan roti hingga menjadi adonan dan sangat umum ditemui di rumah.

Namun mixer yang umumnya berada di rumah jauh berbeda dengan mixer yang biasanya digunakan pada skala industri dan perbedaan paling mencolok adalah pada kemampuan kapasitas mixer dalam mengolah adonan.

Selain itu mixer juga terbagi menjadi tiga jenis yaitu planetary mixer, spiral mixer dan horizontal dough mixer yang akan kita bedah satu-persatu secara pengertian dan penggunaanya.

  • Planetary mixer

Mixer ini memiliki 3 jenis pengaduk utama yang memiliki kemampuannya untuk membuat adonan kalis, adonan halus dan adonan encer.

Kemampuan mengolah adonan dari mixer ini terbilang hebat karena mixer ini dapat membuat berbagai jenis barian bakery seperti roti, donat, kue kering, cookies hingga jenis pastry.

  • Spiral mixer

Jenis mixer ini hanya memiliki satu jenis pengaduk yang dikhususkan untuk membuat adonan kalis dengan mangkuk adonan yang dapat berputar sehingga dapat membuat adonan yang merata.

Karena kemampuannya yang hanya dapat membuat adonan kalis, maka varian roti atau bakery yang bisa dihasilkan dari jenis mixer ini hanya sebatas roti manis, donat hingga bakpao.

  • Horizontal dough mixer

Mixer jenis ini adalah mixer yang memang diciptakan untuk membuat adonan skala industri dengan kemampuan kapasitasnya yang besar.

Adonan yang dihasilkan dari mixer ini berbentuk kalis dan sangat cocok untuk digunakan pada usaha cake and bakery.

2. Timbangan

Konsistensi rasa merupakan hal yang penting untuk dilakukan semua jenis usaha yang berhubungan dengan bidang kuliner tidak terkecuali bisnis bakery.

Tentu saja menjaga konsistensi rasa bukanlah perkara mudah karena terdapat banyak sekali faktor yang dapat dengan sangat mudah membuat rasa berubah dan yang paling krusial adalah berubahnya takaran resep.

Namun hal tersebut dapat kamu minimalisir dengan menggunakan timbangan yang memberikan ukuran pasti tentang konsistensi dari bahan yang kamu produksi.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk memiliki timbangan untuk usaha roti agar kamu dapat menjaga konsistensi serta rasa terbaik untuk konsumenmu.

3. Dough cutter

Sesuai dengan namanya dough cutter memiliki fungsi untuk memotong adonan selain itu alat ini juga berfungsi untuk mengangkat bagian adonan yang biasanya menempel pada dasar mangkuk mixer.

Meskipun memiliki kemampuan yang sederhana, kamu jangan sampai menyepelekan alat ini karena ketika kuantitas adonanmu meningkat alat yang satu ini akan sangat membantu .

4. Dough sheeter

Selain konsistensi soal rasa hal lain dalam produk bisnis bakery yang juga butuh konsistensi adalah soal ukuran dan bentuk.

Soal menjaga konsistensi rasa kamu dapat memanfaatkan timbangan agar rasa dari produk tidak berubah namun untuk menjaga konsistensi ukuran dan bentuk kamu membutuhkan alat yang bernama dough sheeter.

Dough sheeter adalah alat yang diciptakan dengan fungsi untuk membuat adonan yang kamu buat dapat menghasilkan konsistensi ketebalan yang sama.

5. Peralatan bakery proofer

Setiap produk roti pasti mengandung ragi yang memiliki fungsi untuk mengembangkan roti hingga menghasilkan bentuk yang menarik dan tekstur yang lembut.

Namun proses pengembangan ini bukanlah proses yang mudah jika dilakukan secara manual, beruntung saat ini terdapat alat bernama proofer dimana kamu dapat mengembangkan produk rotimu secara instan.

6. Refrigerator

Secara fungsi alat yang satu ini tidak jauh berbeda dengan lemari pendingin namun yang memiliki fungsi untuk menjaga kualitas dari bahan-bahan yang mudah mengalami pembusukan karena oksidasi.

Refrigerator ini merupakan alat yang sangat penting kamu miliki di usaha bakery mu karena selain dapat menjaga kualitas bahan kamu juga dapat memanfaatkannya untuk menaruh produk rotimu agar selalu fresh.

7. Peralatan bakery loyang

Loyang adalah wajan yang berfungsi sebagai tatakan dari adonan bakery yang akan kamu masukan ke dalam oven.

Selain itu loyang juga memiliki spesifikasi tertentu dengan bentuk yang beragam yang umum ditemui di pasaran adalah bentuk half sheet pan, round cake pan dan standar muffin pan, pie plate dan loaf pan.

8. Oven

Alat terakhir adalah alat yang sangat penting dalam proses pembuatan kue, alat ini memiliki fungsi untuk memanggang adonan.

Saat ini terdapat 3 jenis oven yang umum digunakan dalam industri bakery dan itu adalah oven combi, oven convection dan oven baking yang akan kita bahas satu persatu.

  • Oven combi

Oven combi umumnya memiliki kapasitas besar serta dilengkapi fitur proofer jadi bisa dibilang ketika kamu memiliki oven jenis ini kamu sudah tidak perlu lagi memiliki proofer untuk mengembangkan kue.

Memiliki oven jenis ini tentu saja akan menghemat pengeluaran modal yang kamu butuhkan untuk merintis bisnis bakery.

  • Oven convection

Oven convection merupakan hasil pengembangan dari oven baking yang memiliki teknologi kipas internal sehingga dapat meratakan panas suhu pemanggangan dan hal ini membuat hasil olahan makanan matang secara merata.

Selain memberikan panas yang merata teknologi yang ada di dalam oven convection ini membuat oven ini dapat beroperasi pada suhu rendah sehingga lebih efisien dalam konsumsi daya, teknologi ini juga membuat waktu yang dibutuhkan untuk memasak makanan menjadi lebih cepat.

  • Oven baking

Jenis oven ini adalah jenis oven yang paling sering ditemui di rumah-rumah dengan dua kompartemen yang bisa memasak dua jenis makanan sekaligus

Namun meskipun memiliki fungsi yang sama dengan oven lain oven jenis ini rasanya akan tidak efektif bila kamu peruntukan untuk skala usaha bakery.

Itulah 8 alat yang wajib kamu miliki jika kamu memiliki niatan untuk merintis usaha di bidang bakery, semoga artikel ini bermanfaat untuk pengembangan bisnismu.

No Comments

Post a Comment

Need Help? Chat with us