Tips Penggunaan Regulator Gas Yang Aman Untuk Memasak

Pernahkah kamu mendengar berita mengenai gas di dapur yang tiba-tiba meledak? Banyak faktor yang menyebabkan kebakaran kompor gas, mulai dari kelalaian seseorang hingga memang karena faktor kecelakaan seperti lupa mematikan kompor hingga adanya kebocoran pada selang atau tabung gas. Nah, salah satu penyebab yang paling umum tersebut bisa terjadi karena salah dalam memilih regulator yang tepat! Sebaiknya kita dapat lebih peduli dengan salah satu perangkat memasak ini. Memilih regulator yang salah bisa menyebabkan kebakaran yang pastinya sangat menimbulkan kerugian matetial, dan satu hal yang sangat mungkin untuk memakan korban jiwa atau luka-luka. Karena alasan ini, kamu sebaiknya harus lebih berhati – hati ya dalam memilih regulator yang baik.

Regulator gas berfungsi untuk menyambungkan tabung gas dan kompor melalui sebuah selang. Pada umumnya regulator memiliki dua jenis tergantung pada skala penggunaannya. Regulator yang digunakan untuk rumah tangga pastinya sangat berbeda jauh dengan regulator yang digunakan untuk keperluan besar seperti bisnis rumah makan, catering, restoran ataupun  hotel. Untuk penggunaan di rumah tangga, regulator yang cocok digunakan adalah regulator low pressure atau tekanan rendah, sedangan untuk skala besar dirancang untuk menggunakan regulator high pressure atau tekanan tinggi.  Mendengar hal-hal tersebut memang membuat kita was – was saat memasak, tapi kamu tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa memasak dengan aman karena kali ini Zeppelin akan memberikan beberapa tips aman dalam menggunakan regulator gas yang aman untuk memasak. Simak tips berikut, ya Sobat Zeppelin!

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan selang regulator sudah terpasang dengan tepat. Untuk memastikan kompor dan tabung gas dapat berfungsi dengan baik, kamu dapat memastikan dua kali bahwa selang dan regulatornya sudah terpasang dengan benar. Kalau pemasanganmu belum sempurna, nantinya dapat mengakibatkan ledakan pada tabung gas, lho! Jangan sampai terjadi ya Sobat Zeppelin. Jadi, di tahap ini, pastikan kamu melakukannya dengan sangat baik! lebih baik cek dua kali.  Tentu saja, sangat penting untuk memilih regulator gas yang sesuai standar keamanan sehingga aman digunakan saat memasak. Oleh karena itu pastikan kamu menggunakan regulator gas terbaik dengan kualitas bagus untuk tabung LPG di rumah, karena jika salah pilih regulator bisa bikin kamu celaka di kemudian hari, Sobat Zeppelin.

Kemudian kamu harus cek berkala kondisi selang regulator gas. Jika regulator yang kamu gunakan rusak, bocor, atau tidak kokoh akan memicu terjadinya gas menjadi  bocor. Apalagi kalau regulator yang kamu gunakan sudah bertahun-tahun, katakanlah sudah dipakai dalam rentang waktu yang lama. Penting banget lho untuk memeriksanya secara rutin. Nah, Sobat Zeppelin kalau memang regulator yang kamu pakai berpotensi rusak, atau mulai terlihat hal – hal yang mengganjal. Kamu sebaiknya segera menggantinya dengan regulator baru. Selain itu, kamu perlu rajin – rajin membersihkan selang menggunakan kain yang agak basah.  Periksa juga apakah tekanan gas yang kamu gunakan berada pada skala yang normal, dikarenakan ledakan dapat terjadi jika tekanan lebih rendah atau kadang lebih tinggi.

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah menggunakan regulator terbaik seperti Regulator Optimus, ya!  Regulator ini dirancang dengan kekuatan material yang sangat baik, Body regulator ini menggunakan bahan dasar Zinc Alloy yang berkualitas tinggi sesuai dengan SNI. Regulator Optimus juga dilengkapi dengan tingkat presisi yang tinggi, menjadikan kunci lebih aman dan tidak goyang saat dipasang ke tabung LPG, pastinya kunci regulator anti longgar! Sistem keamananmya juga diacungi dua jempol karena terdapat pengaman stainless steel yang berfungsu untuk menutup aliran gas secara otomatis saat terjadi kebocoran gas. Canggih banget ya sobat Zeppelin? Kira-kira anda sudah pakai Regulator ini belum? Kalau belum order sekarang juga di Zeppelin, ya! Dapatkan pengalaman berbelanja yang berbeda dan terbaik hanya di Zeppelin Indonesia.

No Comments

Post a Comment

Need Help? Chat with us