Tips & Trik Membuat Kue Anti Gagal

Menjadi pengusaha di bidang pastry dan bakery tentunya tidak mudah, harus di awali dengan sesuatu yang sulit. Konsistensi dan pantang menyerah menjadi kunci utama untuk kesuksesan suatu usaha. Untuk memulai usaha tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunyanya adalah tips-tips untuk menghindari kegagalan pada saat membuat kue atau bolu. Simak tips dari Zeppelin berikut ya!

  1. Adonan Cake Mengembang

Agar adonan kue Sobat Zeppelin bisa mengembang secara sempurna, pastikan mencampur resep anda sesuai takaran. Siapkan terlebih dahulu peralatan sebelum mulai membuat kue, pahami resep secara teliti. Hal yang harus diperhatikan agar kue tidak terasa gosong, cek suhu oven sesuai dengan apa yang disertakan pada resep sebelum adonan kue tersebut diletakkan dalam panggangan.

  • Perhatikan Takaran Gula

Penyebab kulit cake yang lengket dan terlihat mengkilap adalah karena takaran gula yang tidak sesuai. Jangan menambah atau mengurangi takaran gula dalam resep. Selain itu, selalu nyalakan oven sesaat sebelum kita mengocok adonan. Saat adonan sudah jadi, suhu oven sudah sesuai dengan yang diperlukan.

  • Durasi Mengocok Adonan

Hindari mengocok adonan terlalu lama, tanda proses adonan sudah cukup adalah warnanya pucat dan kental. Sendokkan spatula pada adonan. Kalau tetesan adonannya turun secara perlahan, tandanya adonan sudah siap dipanggang.

  • Cake retak

Penyebab cake retak, karena proses memasukkan tepung langsung ke adonan. Ayak tepung atau masukkan secara perlahan dengan spatula. Jangan masukkan adonan ke dalam oven yang suhunya terlalu tinggi jika tidak ingin permukaan cake menjadi retak.

  • Cake keras

Menyeimbangkan adonan  yang satu dengan yang  lain, sangat perlu di perhatikan agar cake tidak keras. Hindari melakukan step berikutnya sebelum proses membuat cake benar-benar selesai. Misalnya jangan memasukan bahan berikutnya saat kocokan telur belum mengembang.

  • Cake menempel di loyang

Oleskan margarin tipis-tipis saja pada loyang, setelah itu lapisi dengan kertas roti. Perhatikan saat menuang adonan pada loyang, jumlah adonan harus 2/3 dari ukuran loyang. Saat cake matang dan dikeluarkan dari alat pemanggang, biarkan agar uap panasnya hilang. Jika tekstur cake sudah kokoh, baru lepaskan dari loyang.

  • Bahan campuran mengendap

Buah kering cenderung mengandung air yang nantinya akan membuat adonan menjadi lebih berat. Jika membuat cake yang ditambahkan bahan campuran seperti kacang-kacangan atau buah kering, cincang dulu menjadi ukuran kecil.

  • Pemilihan bahan-bahan resep yang tepat.

Setiap jenis cake / bolu membutuhkan karakteristik bahan resep yang berbeda, di pasaran biasanya ada jenis margarine beraroma butter dan fruity. Selain itu, tidak semua jenis margarin tahan dalam suhu pemanggangan (Bake Stable).  Pemilihan bahan yang tepat untuk jenis cake / bolu yang ingin kita buat, tentu akan berpengaruh pada hasil akhir yang maksimal. 

Jika tips – tips di atas di praktekkan dengan tepat secara konsisten, serta berani berimprovisasi dan melakukan inovasi di setiap jenis resep yang akan di buat, maka Pakarians akan segera beranjak dari skill pemula menjadi ahli di bidangnya.

No Comments

Post a Comment

Ingin mengetahui update dari Zeppelin Indonesia?Subscribe untuk mendapatkan penawaran exclusive dan informasi terbaru mengenai produk & services dari Zeppelin Indonesia.
Open chat
Butuh Bantuan?
Hello 👋
Ada yang bisa di bantu?