Kegiatan CSR UMKM Pilihan Zeppelin

Seperti yang kita ketahui, saat ini UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) memiliki peran penting dan menjadi penopang serta kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian di Indonesia. UMKM mampu menciptakan lapangan kerja yang luas bagi banyak masyarakat kecil. Jumlah UMKM yang sangat banyak dan perannya yang besar, akan sangat berdampak buruk bagi perekonomian Indonesia jika para pelaku UMKM berhenti untuk melanjutkan bisnisnya. Ditambah lagi di era pandemi sekarang ini bisnis UMKM menjadi sektor yang paling merasakan dampaknya.

Banyaknya pekerja yang dirumahkan dan berubahnya pola konsumsi masyarakat dari offline menjadi online, membuat pelaku UMKM kesulitan dalam mencapai target yang harus dicapai saat perekonomian terganggu.

Oleh karena itu, untuk membantu dan mendukung para pelaku UMKM di masa pandemi agar dapat membangkitkan kembali perekonomian Indonesia, Zeppelin Indonesia mengadakan kegiatan CSR UMKM pilihan Zeppelin.

CSR sendiri berarti Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan yang merupakan pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan.

Dalam kegiatan CSR UMKM ini, Zeppelin Indonesia memberikan kompor dan regulator secara gratis kepada beberapa UMKM yang ada di sekitar lingkungan perusahaan. Terutama bisnis UMKM di bidang kuliner. Alasan Zeppelin Indonesia memilih memberikan kompor dan regulator adalah karena kompor merupakan alat yang paling penting dalam memasak.

Kegiatan ini tentu melalui beberapa proses sampai pada akhirnya dapat berjalan dengan lancar. Pada proses awal, tim CSR dari Zeppelin Indonesia mengamati beberapa UMKM yang berada di sekitar lingkungan perusahaan seperti di daerah sekitar Jalan Pademangan, Jembatan Besi, Pejagalan, dan lainnya. Proses berikutnya yaitu berdiskusi dengan pemilik UMKM apakah mereka setuju jika diberikan kompor dan regulator dari Zeppelin Indonesia. Setelah proses pemilihan UMKM mana yang akan diberikan kompor dan regulator selesai, selanjutnya yaitu pemasangan kompor dan regulator oleh tim CSR Zeppelin Indonesia. Satu per satu UMKM dipasangkan kompor dan regulator dan tidak lupa tim CSR Zeppelin Indonesia mengabadikan proses pemasangannya.

Selain memberikan kompor dan regulator, Zeppelin Indonesia juga memberikan spanduk toko yang dipasang di depan bangunan toko para pelaku UMKM. Spanduk ini menjadi simbol atas kerja sama UMKM dengan Zeppelin Indonesia dan diharapkan masyarakat dapat melihat bahwa Zeppelin Indonesia merupakan perusahaan yang peduli dengan lingkungan di sekitar perusahaan.

 

Kegiatan CSR UMKM pilihan Zeppelin Indonesia ini mendapat respon positif dari para pelaku UMKM. Mereka sangat antusias dan senang bekerja sama dengan Zeppelin Indonesia. Apalagi Zeppelin Indonesia berada di bidang yang sangat cocok dengan bisnis UMKM kuliner mereka.

Kegiatan CSR UMKM ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Juga memiliki tujuan utama yaitu untuk mencipatakan dan memelihara hubungan yang baik dengan lingkungan di sekitar perusahaan dan bekerja sama untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar. CSR tidak hanya mengurangi dampak negatif dari aktivitas perusahaan dan memberikan bantuan kepada pihak yang membutuhkan, tetapi juga memberikan citra positif bagi perusahaan. Maka dari itu, perusahaan yang menerapkan program CSR dapat meningkatkan value bisnisnya, khususnya di mata konsumen dan investor.

Yuk, tonton keseruan kegiatan CSR UMKM Pilihan Zeppelin di official tiktok Zeppelin Indonesia. Sobat Zeppelin bisa cek dan kunjungi link di bawah ini!

https://vt.tiktok.com/ZSehNKfAb/

No Comments

Post a Comment

Need Help? Chat with us